20 Tahun Kerjasama Sister School Emmaus College dan Sekolah Santo Yoseph

Peristiwa bersejarah dan penting bagi kedua sekolah, Emmaus College dan Sekolah Santo Yoseph dalam menjalin kerjasama sister school selama 20 tahun (1996-2016) telah berlangsung di Melbourne, Australia pada 26 Agustus 2016. Tepatnya di Hotel Clarion, Canterbury, Melbourne, Victoria, Australia.

Kerjasama dalam bidang pengembangan bahasa dan budaya yang dilandasi rasa persaudaraan yang tulus antara kedua warga sekolah.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Sekolah Santo Yoseph, dipimpin Bapak Yohannes Sugiyono Setiadi yang juga adalah perintis kerjasama ini. Turut hadir Kepala Sekolah Emmaus College saat ini, Mr Tony Hirst dan dua kepala sekolah sebelumnya, Mr James Christian Fabris dan Mr Tony Frizza. Hadir pula para pimpinan dan mantan pimpinan Emmaus College yaitu Mr Michael Chye (Board Nomination approved by the Canonical Administrators), Mr Mr Louis Souchon (saat ini, Board Nomination approved by the Canonical Administrators), Rev Father Julian Langridge (Cannonical Administrators Representative – Holy Saviour Parish). Tak ketinggalan Mrs Anne Dodgshun (saat ini adalah guru Bahasa Indonesia di Emmaus College).

Dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melbourne diwakili Bapak Umbara Setiawan, Konsul Muda Bidang Konsuler dan Protokoler. Ia juga ikut menyampaikan kesan dan pesannya dan mengapresiasi kerjasama dua sekolah ini yang luar biasa ini.

Terima kasih kepada Ibu Dewi Wahab, Konsul Jenderal RI di Melbourne dan Mr Paul Grigson, Duta Besar Australia untuk Indonesia yang juga merespon positif dan penuh semangat atas acara ini. Juga kepada Bapak Oldrien Lawalata, Konsul Muda Bidang Penerangan dan Sosial Budaya di Konsulat RI yang menerima rombongan Emmaus College dan Sekolah Santo Yoseph di Konsulat RI.

Terima kasih kepada Australian Broadcasting Corporation (ABC) dan beberapa jaringan media Indonesia atas berita yang dimuat pada 2015 lalu, tentang perjalanan kerjasama 20 tahun ini.

Terima kasih kepada Mr David White (Wakil Kepala Sekolah Emmaus College) dan keluarga juga para keluarga angkat yang memberi kesempatan kami tinggal selama di Melbourne. Juga kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam jalinan kerjasama sister school sejak awal hingga kini.

Semoga acara 20 th ini menjadi momen penting bagi kerjasama yang lebih baik lagi di masa mendatang antara kedua warga sekolah. Ini juga menjadi bagian yang terpisahkan bagi hubungan yang lebih baik antara kedua bangsa, seperti yang diharapkan kedua komunitas sekolah ini.

Sampai berjumpa di Jakarta pada April 2017 nanti. Kunjungan staf dan siswa Emmaus College ke Indonesia, dan ke Sekolah Santo Yoseph tentunya.

14046024_10209092759148804_3758360565030352409_n Cq5nlIqUkAEBntL